Rabu, 21 Februari 2018

20 Model Taman Depan Rumah







20 Model Taman Depan Rumah Yang Sejuk Bikin Betah Di Rumah


Inilah 20 model taman depan rumah yang sejuk bikin anggota keluarga betah di rumah. Tidak ada sisa lahan? No 5, 7, 11 solusinya.
Taman di depan rumah memberi warna dan nuansa alami tersendiri bagi tampilan rumah dan penghuninya. Rumah terlihat lebih asri dan penghuninya juga merasa lebih sejuk karena pemandangan hijau dan berwarna di halaman rumah.
Oleh karena itu banyak orang yang membuat taman di halaman depan rumahnya meskipun dengan lahan yang sedikit. Dengan penataan dan desain yang tepat maka seluas atau sesempit apapun lahan yang tersedia kita tetap dapat membangun sebuah taman yang cantik di halaman rumah.
Meskipun taman juga bisa dibangun di halaman belakang namun membuat taman di halaman depan memiliki kelebihan tersendiri yaitu memperindah tampilan rumah mengingat halaman depan rumah merupakan bagian rumah yang pertama kali akan dilihat orang.
Untuk membantu anda yang masih bingung mendesain taman di depan rumah berikut kami rangkum 20 model taman depan rumah yang bisa menjadi inspirasi bagi anda.

1. Model Taman Minimalis Depan Rumah

Model Taman Minimalis Depan Rumah 1
Model Taman Minimalis Depan Rumah
Model taman minimalis depan rumah sangat digemari oleh masyarakat perkotaan karena senada dengan konsep rumah yang umumnya minimalis pula. Ditambah lagi taman minimalis desain modern cocok dibangun pada lahan sempit di depan halaman rumah contohnya pada rumah type 36, 21, dan sebagainya serta lebih mudah dalam perawatannya.
Sesuai namanya taman minimalis lebih mengedepankan kesederhanaan dalam penataan berbagai elemen taman baik tanaman atau elemen tambahan lain serta memaksimalkan penggunaan lahan secara efisien. Jenis tanaman yang dipilih biasanya adalah tanaman yang tidak tumbuh liar, tidak memiliki terlalu banyak daun, bentuknya jelas, dan memiliki karakter eksotis.

2. Model Desain Taman Depan Rumah Sederhana

Model Desain Taman Depan Rumah Sederhana

Model Desain Taman Depan Rumah Sederhana
Membangun taman di depan rumah dengan model desain sederhana tidak harus menghabiskan banyak biaya. Dengan penataan yang tepat sebuah taman cantik dan sederhana di depan rumah bisa dimiliki.
Contohnya seperti pada model taman di atas dimana tanaman ditata rapi di sekeliling taman sehingga terlihat cantik dan serasi. Agar taman terlihat seimbang gunakan tanaman yang berukuran tidak terlalu besar.
Taman juga dapat diperindah dengan susunan ubin berpola tertentu. Ditambah juga dengan bebatuan di bagian tepi sebagai pembatas yang semakin mempercantik tampilan taman.

3. Desain Taman Depan Rumah Mewah

Desain Taman Depan Rumah Mewah

Desain Taman Depan Rumah Mewah
Rumah mewah biasanya memiliki halaman depan yang cukup luas sehingga membuat anda lebih leluasa dalam mendesainnya menjadi taman depan rumah dengan desain mewah. Seperti pada gambar di atas dimana anda dapat menanam beragam tanaman dengan berbagai ukuran mulai dari yang kecil, sedang, hingga cukup besar secara seimbang.
Taman yang dilapisi rumput hijau juga dapat dilengkapi jalan setapak yang digunakan sebagai jalan bagi orang yang akan memasuki rumah sehingga tidak perlu menginjak rumput taman. Tambahan patung dan kolam kecil juga menambah keasrian taman serta membuatnya terlihat semakin cantik dan berwarna.

4. Model Taman Depan Rumah Minimalis Type 36

Model Taman Depan Rumah Minimalis Type 36

Model Taman Depan Rumah Minimalis Type 36
Sebagai rumah yang tidak tergolong besar rumah type 36 biasanya tidak memiliki sisa lahan yang luas sebagai halaman. Meskipun demikian membangun sebuah desain taman di halaman depan rumah type 36 dengan model minimalis bukanlah hal yang mustahil.
Dengan pemilihan jenis tanaman dan elemen pendukung lain serta desain yang tepat taman depan rumah yang cantik pun akan menghiasi halaman depan rumah anda. Sesuai ukuran lahan yang kecil maka pilihlah jenis tanaman-tanaman kecil dan perdu sehingga tidak memakan banyak tempat.
Anda juga dapat menaruh tanaman di dalam pot atau disusun vertikal di dinding namun harus diperhatikan agar jangan terlalu lebat. Kemudian anda juga dapat menambahkan patung dengan air mancur dan kolam mininya sehingga menambah asri suasana halaman rumah.

5. Desain Taman Depan Pagar Rumah

Desain Taman Depan Pagar Rumah

Desain Taman Depan Pagar Rumah
Untuk memaksimalkan lahan bagian depan pagar rumah pun bisa disulap menjadi desain taman kecil depan pagar rumah yang menghijaukan dan mempercantik tampilan rumah. Anda dapat membuat semacam tempat tanaman di beranda pagar serta menanam tanaman kecil dan aneka perdu.
Untuk menjaga kecantikannya jangan lupa merawat, merapikan, dan membersihkan taman depan pagar ini secara rutin. Posisinya yang berada di bagian paling depan menjadikan ia sebagai pemandangan pertama bagi tamu atau orang yang lewat sehingga kerapian dan kebersihannya akan sangat mempengaruhi kesan orang terhadap rumah anda.

6. Desain Taman Bunga Depan Rumah Minimalis

Desain Taman Bunga Depan Rumah Minimalis

Desain Taman Bunga Depan Rumah Minimalis
Selain tanaman hijau, taman depan rumah juga dapat ditanami berbagai jenis bunga yang beraneka warna sehingga menjadikannya taman bunga depan rumah yang di desain dengan model yang menarik. Ini akan membuat halaman depan terlihat lebih semarak dan cerah serta menimbulkan aroma wangi dari berbagai bunga tersebut.
Anda dapat menata bunga-bunga diantara tumbuhan hijau sehingga terlihat serasi dan tidak monoton. Bunga dan tumbuhan hijau dapat disusun di tepian taman dan bagian tengah dibiarkan kosong dengan rumput hijau sebagai alasnya sehingga memberi kesan lapang.

7. Model Desain Taman Kecil Depan Rumah

Model Desain Taman Kecil Depan Rumah

Model Desain Taman Kecil Depan Rumah
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya untuk membangun taman tidak membutuhkan lahan yang luas. Jika benar-benar minim lahan anda dapat membuat desain taman dengan model kecil mungil serta berukuran mini untuk memberi sentuhan alami pada taman depan rumah.
Salah satu caranya adalah dengan membuat taman vertikal di dinding halaman rumah dimana tanaman ditaruh di dalam pot kecil atau wadah dan disusun di dinding. Agar terlihat seimbang gunakan tanaman yang berukuran kecil dan variasikan dengan beberapa jenis bunga sehingga tidak terlihat monoton.

8. Desain Taman Minimalis Depan Rumah Besar

Desain Taman Minimalis Depan Rumah Besar

Desain Taman Minimalis Depan Rumah Besar
Rumah yang besar biasanya diimbangi dengan lahan yang luas sehingga memudahkan anda dalam mendesain dan menyulap halaman depannya menjadi sebuah taman yang cantik dan indah. Pada taman ini dapat ditanam berbagai jenis tanaman dengan beragam ukuran.
Namun untuk menjaga kecantikan dan kerapiannya kelompokkan dan tata tanaman dengan seimbang. Anda juga dapat menambahkan elemen-elemen lain seperti kolam ikan dan bebatuan alam. Bahkan anda juga bisa menambahkan satu set kursi dan meja sebagai tempat bersantai.

9. Desain Taman Depan Rumah Minimalis Modern

Desain Taman Depan Rumah Minimalis Modern

Desain Taman Depan Rumah Minimalis Modern
Tema desain taman minimalis modern cocok sekali diterapkan pada bagian depan rumah-rumah minimalis di daerah perkotaan untuk memberi nuansa sejuk dan asri namun tetap terlihat modern. Hal ini dapat dilihat dari konsep garis-garis yang jelas dan bersih pada taman dan penggunaan warna-warna natural.
Selain itu bebatuan yang digunakan sebagai penghias disusun secara kreatif dan rapi sehingga taman terlihat cantik dan menarik. Taman minimalis modern juga meminimalisir penggunaan banyak warna berbeda sehingga taman tidak terlihat terlalu ‘ramai’.

10. Desain Taman Minimalis di Lahan Sempit Depan Rumah

Desain Taman Minimalis di Lahan Sempit Depan Rumah

Desain Taman Minimalis di Lahan Sempit Depan Rumah
Desain taman minimalis di lahan sempit depan rumah adalah solusi dari minimnya lahan depan rumah. Minimnya lahan depan rumah dapat diatasi dengan memanfaatkan bagian sudut depan rumah sebagai taman tempat menanam beberapa jenis tanaman untuk menghijaukan suasana rumah sekaligus menyumbang udara segar bagi penghuni rumah.
Karena keterbatasan lahan sebaiknya tanamlah tanaman berukuran kecil hingga sedang. Anda juga dapat membiarkan rumput rumbuh di dasar taman sehingga memberi kesan hijau dan asri namun jangan lupa merawatnya agar tetap terlihat rapi.
Selain tanaman hijau tanam juga beberapa jenis tanaman berwarna untuk memperindah tampilan taman sehingga tidak terlihat mononton.

11. Desain Taman Depan Rumah Mungil

Desain Taman Depan Rumah Mungil

Desain Taman Depan Rumah Mungil
Tidak memiliki sisah lahan di depan rumah namun ingin membuat taman untuk menghijaukan suasana? Jangan khawatir karena di teras depan pun anda bisa membuat sebuah desain taman depan rumah dengan model yang kecil mungil dan berukuran mini untuk memperindah tampilan rumah.
Salah satu caranya dengan membuat rak-rak tempat menaruh pot dan tanaman seperti yang terlihat pada gambar di atas. Dengan susunan yang rapi dan seimbang maka anda dapat menyulap sebuah taman kecil yang cantik di depan rumah.
Untuk mengimbangi minimnya tempat gunakan tanaman berukuran yang kecil pula. Kemudian di sekitar rak tanaman tersebut anda dapat meletakkan beberapa pot tanaman berukuran sedang sehingga taman kecil anda terlihat lebih ramai dan asri.

12. Model Taman Besar Depan Rumah Minimalis

Model Taman Besar Depan Rumah Minimalis

Model Taman Besar Depan Rumah Minimalis
Jika luas lahan yang memungkinkan anda juga dapat membangun sebuah taman berukuran besar di halaman rumah yang luas. Agar terlihat cantik dan tidak berantakan perlu desain yang baik sebelum memulai membangun taman.
Contohnya seperti gambar di atas dimana taman dibagi dalam beberapa area dan ditata sangat rapi sehingga di sela antara area taman bisa dibuat jalan kecil setapak. Taman ini sekaligus bisa dijadikan arena bermain anak.
Di beberapa titik juga bisa dibangun gazebo kecil sebagai tempat beristirahat sekaligus menikmati keindahan taman.

13. Desain Taman dan Kolam Ikan Depan Rumah

Desain Taman dan Kolam Ikan Depan Rumah

Desain Taman dan Kolam Ikan Depan Rumah
Selain desain taman anda juga dapat menambahkan kolam ikan di halaman depan rumah sehingga menambah asri suasana dari gemericik air kolam. Kolam ikan dapat dibangun menggunakan batu-batu alam agar terlihat lebih natural.
Di kolam anda juga dapat membangun sebuah atap sebagai peneduh sekaligus sebagai tempat tanaman rambat. Sementara di bagian lain bisa juga ditempatkan tanaman gantung untuk menghijaukan suasana kolam.
Dalam membangun kolam dan taman harap diperhatikan sistem drainase dan material pembuat kolam agar proses memasukkan dan mengeluarkan air berjalan lancar dan tidak terjadi kebocoran. Air dari kolam juga bisa dimanfaatkan untuk menyiram tanaman sehingga memudahkan proses penyiraman.

14. Desain Taman dan Kolam Renang Depan Rumah

Desain Taman dan Kolam Renang Depan Rumah

Desain Taman dan Kolam Renang Depan Rumah
Taman depan rumah juga bisa dikombinasikan dengan desain kolam renang sehingga sembari berenang anda dapat menikmati keindahan taman. Kolam renang dapat didesain dengan corak batu alam dan disekitarnya ditanami berbagai tanaman.
Untuk mempercantik tampilan taman dan kolam tambahkan juga beberapa jenis bunga agar taman dan kolam terlihat cerah. Di sekitar taman dan kolam taruh juga satu set kursi dan meja sebagai tempat bersantai atau tempat makan alternatif di luar rumah.
Karena berada di bagian depan sebaiknya berikan pagar pembatas yang cukup tinggi untuk menjaga keamanan saat berenang dan bersantai.

15. Model Taman Depan Rumah Sederhana dengan Air Terjun

Model Taman Depan Rumah Sederhana dengan Air Terjun

Model Taman Depan Rumah Sederhana dengan Air Terjun
Taman yang rindang dan cantik rasanya belum lengkap tanpa suara gemericik air. Untuk menghidupkan suasana anda dapat menambahkan aksen air terjun di taman depan rumah.
Air terjun buatan ini dapat didesain beberapa tingkat seperti pada gambar di atas. Di sisi kiri dan kanannya bisa ditambahkan batu-batu alam dan berbagai tanaman sehingga terkesan lebih natural. Kolam tempat menampung air juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat memelihara ikan sehingga bisa digunakan secara optimal.

16. Model Taman Halaman Depan Rumah dengan Batu Alam

Model Taman Halaman Depan Rumah dengan Batu Alam

Model Taman Halaman Depan Rumah dengan Batu Alam
Taman depan rumah biasanya tidak hanya diisi dengan tanaman. Ada elemen-elemen pelengkap lain salah satunya batu alam. Kombinasi yang menghasilkan model taman halaman depan rumah dengan desain minimalis.
Dengan keragaman ukuran dan bentuk serta desain yang tepat batu alam dapat mempercantik tampilan taman depan rumah anda. Batu alam dapat disusun di sela-sela tanaman dan dibuat berkelompok-kelompok sehingga terlihat rapi dan cantik.

17. Desain Taman Kering Depan Rumah

Desain Taman Kering Depan Rumah

Desain Taman Kering Depan Rumah
Bagi anda yang menyukai konsep taman kering dapat mengaplikasikan model desain taman ini di interior teras halaman depan rumah. Taman kering menjadikan tampilan halaman rumah terlihat lebih rapi, bersih, modern, dan gaya terbaru seperti contoh di gambar di atas.
Taman kering tidak didominasi oleh tanaman saja melainkan juga mengkombinasikan unsur-unsur lain seperti pasir, kerikil, kayu, dan batu alam. Tanaman yang ditanam biasanya adalah tanaman yang tidak membutuhkan penyiraman setiap hari seperti tanaman kaktus.
Meskipun tidak harus disiram setiap hari namun sebagai pemilik anda tetap harus menjaga kerapian dan kebersihannya sehingga taman tidak terlihat kotor dan berantakan.

18. Desain Taman Basah Depan Rumah

Desain Taman Basah Depan Rumah

Desain Taman Basah Depan Rumah
Kebalikan dari taman kering ada taman basah yang juga dapat menjadi pilihan dalam membangun taman di depan rumah. Berbeda dengan taman kering, taman basah didominasi oleh berbagai tanaman yang memerlukan penyiraman setiap hari sehingga disebut taman basah.
Selain itu taman basah juga cocok dibangun di tempat yang banyak terkena sinar matahari. Taman basah membuat tampilan rumah lebih hijau dan rimbun sehingga membuat orang betah memandanginya.

19. Model Pintu Taman Depan

Model Pintu Taman Depan

Model Pintu Taman Depan
Sebagai titik akses menuju taman biasanya disediakan pintu di setiap taman sebagai tempat masuk dan keluar taman. Pintu taman ini dapat dibuat dengan beragam model dan material. Salah satunya yang banyak digunakan adalah bahan kayu sehingga terlihat lebih natural.
Untuk mempercantik pintu taman bisa juga dihiasi dengan beragam ukiran. Di samping kiri dan kanan pintu biasanya ditaruh atau ditanami beberapa jenis tumbuhan seperti tumbuhan rambat yang nantinya akan merambat di pagar atau pintu.
Pintu taman bisa dibuat seperti pintu biasa atau model pintu gerbang sehingga jalan masuk ke taman lebih besar dan lebar.

20. Desain Bangku dan Meja Taman Depan Rumah

Desain Bangku dan Meja Taman Depan Rumah

Desain Bangku dan Meja Taman Depan Rumah
Sebuah taman rasanya kurang lengkap tanpa seperangkat meja dan kursi sebagai tempat duduk untuk menikmati keindahan taman. Ada banyak model bangku dan meja yang tersedia di pasaran dan dapat dipilih sesuai selera.
Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah dengan memanfaatkan berbagai barang bekas seperti drum dan botol bekas sehingga lebih hemat biaya. Bisa juga membuat meja dan bangku permanen dengan adukan semen yang dibuat ketika membangun taman.
Bahan bangku dan meja taman yang umum digunakan adalah bahan kayu. Bagian atas bangku kayu juga bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman seperti yang terlihat pada gambar di atas.
Demikianlah diantara 20 model taman depan rumah yang cantik dan kekinian. Seperti taman belakang ternyata taman depan memiliki banyak variasi desain yang bisa disesuaikan dengan selera, konsep rumah, serta tentunya ketersediaan lahan dan budget.
Sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak membangun taman di halaman depan rumah yang dapat menyejukkan dan menghijaukan suasana rumah. Mari menanam dan melestarikan lingkungan.

Sekian 20 Model Taman Depan Rumah Yang Sejuk Bikin Betah Di Rumah, semoga bermanfaat untuk inspirasi mendesain ruangan anda. Jangan lupa share link artikel ini di sosial media anda siapa tahu ada yang membutuhkan. Bagikan pendapat anda mengenai artikel ini di kolom komentar ya, terima kasih  atas share dan komentarnya.
Jangan lupa berkunjung ke www.dekoruang.top untuk mendapatkan berbagai ide dekorasi ruangan yang lebih banyak dan tentu lebih inspiratif. Selamat berkunjung.


Referensi :
http://www.flamboyanasri.com/
https://rumahdandesign.com/
http://temarumah.xyz/

http://rumahkuminimalis.net/
https://www.dekoruang.top/taman-depan-rumah/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar